Laporan hasil belajar dapat dimaknai sebagai dokumentasi hasil pembelajaran di satuan pendidikan. Hasil pembelajaran tersebut tercermin melalui informasi tentang kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran di PAUD dalam periode waktu tertentu.
Pendidik dalam implikasinya diharapkan memahami bahwa pada tiap tahapan
usia dan bahkan dalam kelompok usia yang sama, masing-masing peserta didik
memiliki kebutuhan tersendiri dalam belajar dan mengeksplorasi lingkungannya.
Berkaitan dengan hal tersebut, perlu dipertimbangkan pemberian respon dan
asesmen yang sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik.
Selain itu,
pendidik diharapkan memilih kegiatan asesmen yang berorientasi pada kebutuhan
belajar peserta didik dengan membandingkan perkembangan dirinya dari masa
sebelum diberikan pembelajaran dengan masa setelah diberikan pembelajaran,
dan bukan melakukan perbandingan antarpeserta didik.
Mari Berbagi dan Tumbuh Bersama
#BergerakBermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar