Selasa, 01 Agustus 2023

Refleksi: "Apa Senangnya Jadi Guru ?"

Emang apa sih senangnya jadi guru? Apa yang bisa dibanggain dari profesi ini?
Pertanyaan saya hampir 10 tahun yang lalu, semakin ke sini semakin terjawab.
Dulu saya merasa jadi guru itu membosankan, membawakan materi yang ada di buku, memberikan tugas. Ah saya salah, profesi ini membuat saya seperti sutradara, seniman, influencer, koki, olahragawan, dan lain-lain. Menantang saya untuk merancang sesuatu yang berbeda dan dibutuhkan anak. Merancang tools yang diperlukan untuk anak belajar, dan selalu mikir gimana agar mereka happy dan berkesan.
Dulu saya merasa dunia guru hanya di kelas. Sekarang.... Saya salah!
Guru ternyata bisa berjejaring dengan guru lainnya di luar kelas. Bahkan bisa berjejaring dengan guru di luar negeri sekalipun. Belajar dari beragam orang, bahkan tak terbatas. Dengan nelayan, petani, pekerja kantoran, menteri, bupati, gubernur yang bisa kita ajak ke dalam kelas, atau ajak murid ke lokasi mereka. ke Tempat mereka.

Foto Bersama Siswa Fase B SD Negeri 1 Wringinanom Tahun Ajaran 2023/2024
Jika anda menghitung ada 10 Murid maka anda BENAR.
Namun jika anda menghitung ada 11 Murid maka Sungguh Anda Bijaksana

Dulu saya mengira, jadi guru nggak bisa ngembangin karier. Ternyata salah. Guru yang memiliki kompetensi, bisa meluaskan kariernya. Jadi guru pembicara, guru pembuat media ajar, guru influencer, guru youtuber, guru pelatih, guru penulis, guru penyusun buku, dan lain-lain Yang kadangkala bisa jadi tambahan penghasilan guru itu juga.
Dan dengan menjadi guru, saya benar-benar bisa terus bertumbuh. Bisa mendapat banyak pengalaman. Bergabung dengan berbagai organisasi profesi guru dan komunitas menambah jejaring dan wawasan kita bahkan kompetensi kita. Berjumpa dengan rekan guru lain di berbagai daerah di Indonesia. Berjumpa tokoh-tokoh yang sering saya lihat di televisi untuk belajar. Melewati banyak momen yang saya tidak pernah impikan sebelumnya.
Seandainya bisa diulang, mungkin 10-15 tahun lalu saya tak perlu bertengkar dengan orangtua karena dipaksa jadi guru. Saya akan jawab dengan lantang, saya mau jadi guru, Pak, Bu. Sungguh, Asiknya menjadi GURU. Asik Sekali.....

[Ditulis oleh : Rizky Rahmat Hani, dengan beberapa penambahan kalimat] ------------- Yuk... Mari UNDUH Gratis dan Mudah:
  1. Capaian Pembelajaran_Pendidikan Pancasila (Revisi) 18 Agustus 2023. UNDUH
  2. Unduh Buku Guru dan Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila (Terbaru) Untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 di Sekolah Dasar. UNDUH
  3. Unduh Buku Kurikulum Merdeka kelas IV. UNDUH
  4. Cara Unduh Buku Kurikulum Merdeka di SIBI. LIHAT
  5. Capaian Pembelajaran Semua Mata Pelajaran di Sekolah Dasar. UNDUH

Mari Berbagi dan Tumbuh Bersama
#BergerakBermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar