Jumat, 23 September 2022

Asesmen Di Awal Pembelajaran

Asesmen pertama yang dilakukan oleh guru adalah asesmen di awal pelajaran sebelum membahas suatu topik pelajaran. Fungsi dari asesmen awal adalah mengetahui sampai sejauh mana peserta didik memahami bahan atau materi pelajaran yang akan dipelajari dan juga mengukur sejauhmana kesiapan/kedekatan peserta didik terhadap tujuan pembelajaran. Jadi Kesiapan belajar yang dimaksud lebih mengacu pada pengetahuan awal atau pre-knowledge para peserta didik, bukan pada kecerdasan intelektual mereka. 

Cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk asesmen awal ini adalah dengan:

  1. Meminta peserta didik mengisi lembar KW. Di kolom K (Know) guru menanyakan hal-hal apa yang telah diketahui peserta didik tentang materi pelajaran yang akan dibahas. Kemudian dalam kolom W (Want to know), peserta didik menuliskan apa saja yang mereka ingin ketahui dari materi yang akan dibahas saat itu. Memberikan pertanyaan apa yang mereka ketahui tentang materi pelajaran yang akan diajarkan; 
  2. Brainstorming dengan peserta didik sebelum memulai pelajaran untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan dipelajari. Melalui pertanyaan-pertanyaan tersebut guru dapat mengetahui kesiapan peserta didik dalam mempelajari materi tersebut; 
  3. Memberikan pre tes kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari sehingga guru mengetahui kemampuan awal peserta didiknya; dan 
  4. Membuat kontrak belajar dimana masing-masing peserta didik menuliskan apa sumber bahan yang akan dipakai untuk mempelajari materi pelajaran, bagaimana ia akan mempelajari materi pelajaran, dan sampai sejauh mana ia mengetahui tentang bahan atau materi yang akan dipelajari.
Doc. Foto Bersama Siswa Kelas 4 Tahun Ajaran 2022/2023
Duduk Atas (kiri kanan): Ilham, Shofil, Bilqis, Pak Sain, Putri, Dafa
Duduk Bawah (kiri-kanan): Husna, Faiz, Keysa, Tika, Keysi, Hilal, Siti

Unduhan :
  1. Modul Asesmen Diagnostik Awal Pembelajaran Oleh Kemdikbudristek. Unduh
  2. Modul Asesmen Diagnostik Matematika Kelas IV. Unduh
  3. Modul Asesmen Diagnostik Bahasa Indonesia Kelas IV. Unduh
  4. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Unduh
  5. Model Pembelajaran Berdiferensiasi di SD. Unduh
  6. Model Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP. Unduh
Mari Berbagi dan Tumbuh Bersama
#BergerakBermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar